Good News From UTM

PERSONAL BRANDING DUNIA MAYA, Strategi terkenal secara mudah mahasiswa zaman now.

PERSONAL BRANDING DUNIA MAYA, Strategi terkenal secara mudah mahasiswa zaman now.

   Anda tahu Personal Branding? Lebih mudahnya sih Personal Branding adalah cara kita dalam mempromosikan diri kita. Hari ini saya melakukan pengamatan pada beberapa media sosial seperti Facebook, WhatsApp, BBM, Instagram, Twitter, Path dan Tumblr. Saya akan membahas media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu Instagram. Menurut situs web Bobo.grid.id, Media Sosial Instagram menduduki peringkat 3 dalam urutan media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Di Instagram saya melihat banyak unggahan dengan konten yang beragam. Di-repost, dengan caption yang kebanyakan memang tidak nyambung. Ah sekarang yang penting kan upload, bikin caption yang sedikit puitis, followers dan like banyak, sudah deh jadi selebgram. 
Banyak sekali pujangga dadakan di Instagram. Upload foto selfie dengan dua jari tangan di samping sebagai pemanis, lalu diberikan caption "hidup ini memang tidak mudah, tapi setidaknya kita harus berjuang menghadapinya". Ehem, itu relevansinya terletak dimana ya antara foto dan caption? Lumayan lah ya yang penting biar dibilang anak hits.
Scroll ke bawah lagi.. scoll lagi.. saya menemukan foto liburan bersama keluarga dan orang terdekat, scroll lagi, dua sejoli yang sedang duduk di taman dengan gaya "candit".  lalu.. unggahan gambar makanan di restoran ternama. Saya yakin setelah pramusaji mengantarkan makanannya, langkah pertama yang dia lakukan adalah memotretnya, menemukan angle terbaik, cekrek.. upload. bukan berdo'a sebelum makan. Kemudian scroll lagi, saya menemukan foto dengan caption "jihad fii sabilillah" sambil mengepalkan tangan dan jenggot panjang. Sekarang jihad fii sabilillah perlu diketahui orang banyak ya? Okelah.
Setelah banyak menemukan postingan yang "itu-itu saja", saya beralih untuk melihat instastory. Yang pertama muncul adalah foto perempuan dengan efek binatang yang entah itu lebih mirip kucing atau apa. Dengan tulisan moodbooster. Heran, untuk memperbaiki mood zaman now lebih mudah ya. Tinggal upload foto efek kucing, bereslah si mood tersebut.
Saya tidak memungkiri, daya tarik magnet sosial media memang sangat besar. Setiap orang merasa bahwa dirinya dituntut untuk mempunyai akun sosial media, yang nantinya akan dijadikan wadah penyalur ekspresi agar tidak jenuh dan bosan. Namun yang perlu diingat bahwa konten yang kalian posting alangkah lebih baiknya jika memuat hal-hal yang positif. Karena postingan tersebut akan menjadi personal branding di dunia nyata. Dengan sedikit inovasi agar postingan kalian memiliki daya beda dengan postingan orang lain. Kabar baiknya, menjadi cerdik dengan memanfaatkan media sosial untuk membangun personal branding yang baik akan mengantar anda pada kesuksesan yang cepat. 
For your information, Beberapa perusahaan melakukan cek sosial media pada saat wawancara pegawai baru. Hal tersebut dimaksudkan agar perusahaan tahu riwayat postingan anda dimedia sosial, sebab personal branding yang anda ciptakan di dunia maya sedikit banyak akan mempengaruhi personal branding anda di dunia nyata.
Mulai saat ini, bangunlah personal branding anda di dunia maya yang menjadiakan anda terlihat profesional dibidang anda di dunia nyata.
Misalna jika anda mahasiswa yang bercita-cita menjadi pengajar. Maka sejak saat ini anda harus memposting foto dengan pakaian yang rapi, peduli pada anak-anak dan pendidikan di Indonesia dan sebagainya.
Pun pula ketika anda berkeinginan untuk menjadi seorang penulis, maka anda selayaknya memosting tulisan-tulisan dengan diksi yang rapi, apalagi dengan memosting quotes galau yang sedang digandrungi anak muda zaman now.
Nah jika sudah seperti itu, maka yang perlu anda lakukan adalah konsisten dalam memosting konten yang serupa. Menjadilah cerdas dengan menjadikan postingan anda berkarakter. Dengan begitu, postingan anda akan tetap bersaing di zaman yang terus berubah. Karena media sosial bersifat dinamis, dan mempunyai masa. Semua yang ada di dunia maya menjadi cara instan untuk terkenal, akan tetapi jika yang kalian posting adalah sesuatu yang tidak berguna, maka sudah tentu itu hanya akan menjadikan sensasi sesaat dan menghabiskan kuota semata.

Previous
Next Post »