Good News From UTM

Ringkasan Diskusi Online 2 Tema "Muda Menginspirasi dan Berprestasi"




Ringkasan Diskusi Online 2  Tema "Muda Menginspirasi dan Berprestasi"
 

Pemateri             : Sangkar Sandi Damai
Moderator          : Mohammad Syaifuddin
Notulen               : Khoirus Sholihatinnur
Hari, tanggal       : Sabtu, 26 November 2016
Waktu                   : 19.45-23.30
Jumlah peserta : 210 peserta


Pemuda membangun bangsa. Pemuda memiliki peran di dunia akademis maupun nonakademik. Selain itu, pemuda seyogyanya melakukan hal positif dan mengoptimalkan waktu di masa mudanya. Mejadi pemuda sekaligus masih berstatus mahasiswa adalah hal yang berharga. Menjadi mahasiswa dari keluarga sederhana atau kurang mampu bukanlah masalah. Kita bisa tunjukkan jika kita bisa bersaing dengan anak-anak yang yang notabene memiliki segala fasilitas.
Mahasiswa yang masih semester awal itu menjadi peluang. Cobalah mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Mulailah dari hal terkecil, seperti mengikuti seminar di kampusmu. Kebiasaan kecil ini bisa membawamu ke lingkup yang lebih luas seperti mengikuti lomba, forum tingkat nasional atau internasional. Ada beberapa manfaat dari hal yang kamu lakukan di atas, antara lain kamu akan bertemu dengan orang inspiratif, hebat, prestatif yang membuka wawasanmu. Secara tidak langsung hal tersebut akan memberimu ilmu, pengalaman baru dan relasi baru. Persaingan di dunia luar sangat ketat. Sangat penting bagi kamu untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya untuk menambah track record. Dari track record itu, kita akan memiliki nilai tambah, kemampuan dan kompetensi.
Masa muda adalah masa mencari jati diri. Cari passionmu. Dari passion itu, kamu bisa mengaktualisasi diri di bidang yang kamu sukai dan akhirnya akan meningkatkan kompetensimu. Sangkar Sandi mengatakan,”Saya percaya bahwa kesuksesan bukan berasal dari orang yang luar biasa, tetapi kesuksesan berasal dari orang biasa yang melakukan hal-hal yang luar biasa”. Carilah motivasi menuju kesuksesanmu. Bisa dari faktor orang tua atau faktor lain yang membuatmu selalu semangat untuk melakukan kebaikan menuju prestasi yang gemilang.
 
Jawaban dari sesi tanya jawab:

1.      Bagaimana cara mendapat info lomba esai atau paper? Salah satu cara menambah networking adalah mensubmit esai atau paper. Kamu bisa mencari sumber referensi di google scholar (mencari jurnal, artikel, KTI) untuk mendukung ide yang kamu tawarkn di esai atau paper. Mengenai info lomba, kamu bisa cari platform, seperti Indonesia Bisa, Aps Youth, Youth Opportunity, Opportunity desk. Selain itu, kalau bisa kamu bisa berbahasa inggris. Bahasa Inggris itu kebutuhan bukan pilihan.

2.      Bagaimana cara mendapat respon orang tua yang baik saat kita mengikuti kegiatan positif? Jaga komunikasi dengan baik. Jelaskan dengan pelan-pelan tentang kegiatan positif yang kita ikuti. Jaga kepercayaan kepada orang tua dan buktikan IPK-mu tidak turun.

3.       Bagaimana cara menggali passion dan apa tujuannya? Dengan mengetahui passion, kita akan tahu bidang mana yang kita sukai. Passion adalah peluang. Tujuan passion adalah agar kita semakin berkontribusi baik itu di lingkungan kampus atau masyarakat.

4.      Jika kampus keterbatasan dana, bagaimana cara mensiasati untuk mengembangkan bakat kita? Coba ikut komunitas atau organisasi yang menfasilitasi baik itu di dalam kampus atau di luar kampus yang sesuai dengan bidang yang kamu minati. Selain itu, dengan kamu mengikutinya kamu bisa menambah relasi/ networking. Misalnya kampusmu keterbatasan dana dalam mengikutkan kamu ke forum atau konferensi nasional/ internasional, coba kamu bisa ikut kegiatan yang bersifat fully fundend  atau partial funded. Itu membantumu meringankan dana mengikuti dana tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan dana ke instansi pemerintah kota atau daerah atau perusahaan yang memiliki CSR yang tertarik dengan bidang yang kamu geluti.

5.      Dalam menghadapi MEA, apakah kepintaran saja cukup? Apa yang perlu kita siapkan? Tentu saja tidak cukup. Tingkatkan kompetensi, pengalaman dan profesionalitas kalian. Salah satu caranya adalah berprestasi. Selain berprestasi, perlu meningkatkan penguasaan bahasa terutama bahasaInggris.
 

Previous
Next Post »